5 Jenis Makanan Yang Lebih Sehat Saat Dikonsumsi Mentah

5 Jenis Makanan Yang Lebih Sehat Saat Dikonsumsi Mentah
5 Jenis Makanan Yang Lebih Sehat Saat Dikonsumsi Mentah

Hampir semua makanan melewati proses pengolahan sebelum dikonsumsi. Baik itu digoreng, direbus, dipanggang, dan dipanggang. Meski begitu, para ahli kesehatan justru merekomendasikan beberapa jenis makanan untuk dikonsumsi dalam kondisi mentah ketimbang melalui pengolahan, lho.

Ya, beberapa jenis makanan yang dimaksud, seperti buah-buahan dan sayuran, ternyata lebih baik dikonsumsi mentah karena dapat memberikan kandungan nutrisi yang lebih optimal bagi tubuh. Bahkan, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Epidemology, para peneliti mengungkapkan bahwa diet sayuran mentah dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara. Ingin tahu makanan apa yang lebih sehat jika dikonsumsi mentah? Lihat ringkasannya seperti dikutip dari Times of India di bawah ini:

5 Jenis Makanan Yang Lebih Sehat Saat Dikonsumsi Mentah
5 Jenis Makanan Yang Lebih Sehat Saat Dikonsumsi Mentah

1. Bit

Bit adalah umbi yang banyak digunakan untuk pengobatan alami. Tidak hanya itu, bit juga merupakan sumber kalium, magnesium, zat besi, dan serat yang baik untuk meningkatkan imunitas dan meningkatkan sirkulasi darah.

Karena memiliki beragam isi, lebih baik memakan bit mentah. Masalahnya, proses memasak akan mengurangi kadar asam folat dalam bit hingga 25 persen.

2. Bawang putih

Bawang putih biasanya dimasak bersama bahan-bahan lainnya. Sayangnya, proses memasak ini dapat mengurangi kadar fitonutrien dan membuat allicin sulit diserap dalam tubuh. Untuk diketahui, allicin adalah sejenis senyawa aktif yang berguna untuk mencegah penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker paru-paru.

Nah, jika Anda tidak cukup kuat untuk makan bawang putih dalam keadaan mentah, para peneliti di Amerika Serikat menyarankan untuk memotong bawang putih dan diamkan selama 10 menit sebelum dimasak.

3. Paprika

Sayuran yang memiliki rasa agak pedas ternyata memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Sayangnya, konten tersebut akan hilang jika dimasak dengan suhu di atas 190 derajat Celcius. Tidak hanya vitamin C, kandungan paprika lain seperti vitamin B6 dan vitamin E juga akan berkurang jika dimasak.

4. Kacang

Kacang mengandung sumber serat, lemak, vitamin E, magnesium dan protein yang baik untuk tubuh. Sayangnya, kacang juga mengandung lemak jenuh dan beberapa nutrisi yang akan teroksidasi ketika dipanggang. Selain bisa mengurangi nilai gizi, ternyata proses pemanggangan juga bisa mengarah pada pembentukan senyawa yang bersifat karsinogenik.

5. Kelapa

Buah bundar ini memang lebih bergizi jika dikonsumsi mentah. Alasannya, karena proses pemanasan akan merusak kandungan lemak baik di kelapa. Padahal, kandungan lemak ini bisa meningkatkan kesehatan jantung dan otak.

Be the first to comment

Leave a Reply