6 Sayuran Sehat Untuk Dikonsumsi

6 Sayuran Sehat Untuk Dikonsumsi
6 Sayuran Sehat Untuk Dikonsumsi

Sayuran, bisa dibilang salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan untuk konsumsi sehari-hari. Alasannya, sayuran mengandung berbagai macam nutrisi penting yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Menurut pedoman untuk diet ‘Gizi Seimbang Tumpeng’ yang dirancang oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kami sebenarnya disarankan untuk mengonsumsi tiga hingga empat porsi sayuran per hari.

Kurangnya asupan sayuran dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Karena itu, Anda tidak boleh mengabaikan pentingnya mengonsumsi sayuran. Sebagai rekomendasi, berikut adalah enam sayuran paling sehat untuk dikonsumsi.

6 Sayuran Sehat Untuk Dikonsumsi
6 Sayuran Sehat Untuk Dikonsumsi

1. Bayam

Sayuran yang memiliki nama ilmiah Amaranthus menempati urutan sebagai sayuran tersehat untuk dikonsumsi. Ini karena kandungan gizi dan vitamin di dalamnya.

Menurut data yang dirilis oleh SELF Nutrition Data, satu cangkir bayam (30 gram) menyediakan 56 persen kebutuhan vitamin A dan K harian. Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1996, disebut bayam tinggi beta-karoten dan lutein, dua jenis antioksidan yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker. Studi lain yang dilakukan pada tahun 2015 juga menyebutkan bahwa mengonsumsi bayam bermanfaat untuk kesehatan jantung karena dapat menurunkan tekanan darah.

2. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A, menjadikannya sayuran paling sehat setelah bayam. Selain vitamin A, wortel juga mengandung beta-karoten atau pigmen warna alami pada tanaman yang dapat membantu mencegah kanker.

Bahkan sebuah penelitian juga mengungkap bahwa mengonsumsi wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru.

3. Brokoli

Brokoli adalah sayuran tersehat berikutnya yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Ini karena dalam brokoli ada senyawa tanaman yang mengandung belerang; glukosinolat dan sulforaphane.

Sulforaphane sangat penting bagi tubuh karena memiliki efek perlindungan yang terbukti terhadap kanker. Sebuah penelitian pada hewan membuktikan bahwa, sulforaphane dapat mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara, dan menghambat pertumbuhan tumor.

4. Kale

Sama seperti sayuran berdaun hijau lainnya, kangkung dikenal dengan kualitasnya yang dapat meningkatkan kesehatan. Menurut data yang dirilis SELF Nutrition Data, secangkir kale (67 gram) mengandung vitamin B, potasium, dan kalsium.

Tidak hanya itu, Kale juga memenuhi semua kebutuhan vitamin A, C, dan K. harian Karena jumlah antioksidannya yang tinggi, kale sering dikaitkan dengan kesehatan jantung.

5. Kacang hijau

Kacang hijau adalah salah satu bahan yang cukup populer di Indonesia. Orang Indonesia biasanya mengolahnya menjadi bubur. Meski dianggap camilan, kacang hijau ternyata mengandung segudang manfaat bagi tubuh.

Faktanya, satu cangkir kacang hijau (160 gram) mengandung; 9 gram serat, 9 gram protein, dan vitamin A, C, K, riboflavin, tiamin, niasin, dan folat. Karena kaya akan serat, kacang hijau mendukung kesehatan pencernaan dengan meningkatkan bakteri baik di usus. Selain itu, kacang hijau juga kaya akan saponin atau sejenis senyawa yang dikenal sebagai efek anti kanker.

6. Asparagus

Setengah cangkir asparagus (60 gram) menyediakan sepertiga dari kebutuhan folat harian. Selain itu, selenium, vitami K, tiamin dan riboflavin juga disertakan.

Menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi makanan yang kaya folat dapat dilindungi dari berbagai penyakit dan mencegah cacat lahir selama kehamilan. Studi lain juga menunjukkan bahwa asparagus bermanfaat bagi kesehatan hati, dengan mendukung fungsi metabolisme dan melindunginya dari toksisitas.

Be the first to comment

Leave a Reply