Berikut ini adalah Daftar Menteri Jokowi yang Menolak Menjabat Lagi

Berikut ini adalah Daftar Menteri Jokowi yang Menolak Menjabat Lagi
Berikut ini adalah Daftar Menteri Jokowi yang Menolak Menjabat Lagi

1. Menteri Tjahjo Kumolo

Menteri Dalam Negeri (Menteri Dalam Negeri) Tjahjo Kumolo telah memperkirakan bahwa ia tidak akan terpilih kembali sebagai menteri dalam negeri. Menurutnya, dalam sejarah tidak pernah ada Menteri Dalam Negeri yang melayani hingga dua kali.

“Dalam sejarah, tidak ada Menteri Dalam Negeri 2 kali (bertugas), tidak ada,” kata Tjahjo.

Jadi, Tjahjo tidak tahu apakah dia akan terpilih kembali atau tidak di Kabinet Kerja yang baru. “Saya tidak tahu, itu hak presiden. Dalam sejarah, hanya sekali,” kata Tjahjo.

Berikut ini adalah Daftar Menteri Jokowi yang Menolak Menjabat Lagi
Berikut ini adalah Daftar Menteri Jokowi yang Menolak Menjabat Lagi

2. Menteri Agama Lukman Hakim

Merdeka.com – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan polycus PPP menyatakan tidak tertarik melayani kembali sebagai menteri dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Dia merasa sudah menjalankan tugas seorang Menteri Agama saat ini.

“Tidak (menjadi Menteri) saya merasa lebih dari cukup,” kata Lukman Hakim saat menghadiri Mukernas IV PPP di kota Serang, Banten

Alasan Menteri Lukman Menolak Menjadi Menteri lagi

Lukman Hakim Saifuddin memberikan alasan mengapa ia menolak untuk melayani sebagai menteri agama lagi. Lukman menilai masih banyak kader PPP lain yang memiliki kemampuan dan integritas untuk menjadi menteri Jokowi.

“Lebih banyak dalam PPP lebih tepat dan mampu memiliki kesopanan dan kesesuaian,” katanya.

Sementara PPP sendiri telah memberikan sinyal, itu tidak akan mendorong nama Lukman. “Kami cenderung menganut prinsip perubahan ini. Jadi ini setuju semua jika ini masalah prinsip. Tapi sebagai partai kader, kami juga harus memberi kader lain kesempatan untuk dapat menduduki jabatan pemerintah,” kata Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani

Lukman Hakim telah menjabat sebagai Menteri Agama sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) atau jilid II Kabinet Indonesia Bersatu. Lukman kembali menjadi Menteri Agama di era Jokowi-Jusuf Kalla.

Apa Jawaban Menteri Lainnya?

Sementara itu, apa jawaban menteri lain ketika ditanya apakah akan menjawab lagi? Menolak atau menerima?

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku siap jika Jokowi kembali menjadi menteri. “Ya, insya Allah, jika tubuhnya masih sehat dan Pak Jokowi memberikan kepercayaan penuh, saya akan melakukannya,” kata Susi.

Sementara Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno tidak mau repot soal terpilih kembali atau tidak sebagai menteri di kabinet kerja yang baru. Sekarang dia hanya fokus menyelesaikan tugas tepat waktu.

“Bukan, itu masalahnya nanti, yang penting kita benar-benar bisa menyelesaikan tugas kita tepat waktu dan memberikan yang terbaik bagi bangsa,” kata Menteri Rini.

Sejalan dengan Menteri Rini, Menteri Koordinator Bidang Kelautan, Luhut Binsar Panjaitan mengakui bahwa ia akan menyerah pada keterlibatannya di kursi Pemerintah Jokowi pada periode 2019-2024 mendatang. Karena, keputusan yang tepat ada di tangan Presiden Jokowi. Karena, sepanjang pengalamannya sebagai menteri, dia belum pernah diberitahu sebelumnya.

“(Jadi Menteri Koordinator lagi?) Saya tidak tahu apa yang terjadi. Saya belum pernah diberitahu sebelum menjadi menteri. Jadi saya sudah menjadi menteri. Saya sudah tiga kali menjadi menteri, saya tidak pernah diberitahu” Luhut kata.

Be the first to comment

Leave a Reply