3 Cara Mengatasi Anak Mimisan

3 Cara Mengatasi Anak Mimisan
3 Cara Mengatasi Anak Mimisan

Cuaca yang kering atau kelembaban rendah dapat menyebabkan mimisan. Mimisan juga bisa disebabkan karena memilih hidung Anda terlalu dalam, masuknya benda asing ke dalam hidung. Namun, yang paling umum, mimisan terjadi karena pilek dan alergi karena cuaca dingin. Berikut di bawah ini adalah cara sederhana untuk mengatasi anak mimisan:

1. Tetap tenang dan jangan panik ketika melihat mimisan anak

Tentu saja ketika ia melihat anak perdarahan dari hidung, orang tua akan panik. Namun, Anda harus tetap tenang, sehingga ibu bisa berpikir jernih untuk melakukan tindakan yang terbaik saat anak mengalami mimisan. Sebab, jika ibu panik akan membuat anak juga panik. Sehingga situasi semakin tidak terkendali.

3 Cara Mengatasi Anak Mimisan
3 Cara Mengatasi Anak Mimisan

Setelah ibu itu tenang, maka langkah berikutnya adalah untuk menenangkan anak. Karena anak-anak biasanya akan menangis bahkan histeris saat melihat darah keluar dari hidungnya. Ketika anak tenang, ibu dapat meminta anak untuk segera meludah untuk membuang darah yang mungkin masuk melalui mulut ke saluran tenggorokan.

2. Dudukan di pangkuan dengan posisi tubuh condong ke depan dan membelakangi ibu

Tidak banyak orang tua mengetahui posisi yang tepat saat anak menemukan mimisan. anak mimisan harus segera berdiri di pangkuan tubuh ibu kembali ke posisi. Dan tubuh anak bersandar sedikit ke depan. Kemudian mengambil tisu atau kain yang terbuat dari lembut untuk memijat dengan mencubit bagian lunak hidung lembut anak.

Lakukan ini selama sekitar sepuluh menit. Selama pijat ibu hidung anak, mengajar anak-anak untuk bernapas melalui mulut. Mengamati, jika setelah sepuluh menit dari aliran darah telah berhenti di hidung. Jika tidak, ibu dapat kembali untuk memijat hidung anak selama sepuluh menit. Namun, jika aliran darah masih belum berhenti, segera bawa anak ke dokter.

3. Hindari posisi membaringkan si kecil saat mimisan

orang tua panik biasanya akan segera memposisikan anak berbaring sebagai mimisan. Namun ini adalah hal yang salah dan bisa berakibat fatal. Hindari posisi anak tersebut berbohong ketika mimisan, karena aliran darah dari hidung untuk memasuki mulut saluran dan menyebabkan seorang anak merasa darah di tenggorokannya. Hal ini dapat menyebabkan muntah.

Sebaliknya, minta anak untuk duduk tegak. Tujuannya adalah untuk menghentikan darah yang keluar tidak mendongak si kecil. Karena ini akan memperburuk situasi dan menjaga darah mengalir ke saluran pernapasan. Ibu harus bisa mendapatkan darah mengalir ke bawah.

Selain di atas, ibu juga bisa menggunakan uap air panas jika penyebab mimisan pada anak-anak adalah karena udara dingin. Bagaimana, menyediakan air panas untuk wadah agak besar. Kemudian pegang kepala anak terhadap wadah dan biarkan bernapas dalam uap beberapa menit. Lakukan berulang-ulang sampai anak terlihat kondisi yang lebih baik.

Be the first to comment

Leave a Reply