5 Cara Praktis Untuk Menyingkirkan Rasa Pahit Pada Sayuran

5 Cara Praktis Untuk Menyingkirkan Rasa Pahit Pada Sayuran
5 Cara Praktis Untuk Menyingkirkan Rasa Pahit Pada Sayuran

Dibandingkan dengan mereka yang suka mengonsumsi sayuran, tampaknya lebih banyak orang tidak menyukainya. Ya, bagi sebagian orang, sayuran adalah bahan makanan yang paling dihindari.

Rasa pahit yang terkadang tertinggal dalam sayuran matang membuat rasanya kurang populer, terutama oleh anak-anak. Pemrosesan yang tidak tepat memang membuat rasa sayuran terasa pahit.

Padahal, sayuran menyimpan segudang nutrisi yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Sebenarnya, ada beberapa teknik sederhana untuk menghilangkan rasa pahit sayur. Berikut lima tipsnya :

5 Cara Praktis Untuk Menyingkirkan Rasa Pahit Pada Sayuran
5 Cara Praktis Untuk Menyingkirkan Rasa Pahit Pada Sayuran

1. Pilih sayuran yang masih muda

Salah satu teknik mudah untuk menyamarkan rasa pahit sayuran adalah memilih bahan secara selektif. Untuk tumis, salad, atau hidangan dengan proses pendek, sebaiknya pilih sayuran yang masih muda.

Selain rasanya yang tidak terlalu pahit, tekstur sayuran masih renyah, sehingga akan terasa lebih enak saat disajikan.

2. Tambahkan bumbu dan rempah

Bumbu dan rempah tradisional juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa pahit sayur, lho. Saat merebus sayuran dengan rasa pahit yang kuat seperti daun pepaya, Anda perlu menambahkan rempah-rempah seperti bawang putih atau asam Jawa.

Rasa yang kuat akan menetralkan rasa pahit sayuran. Selain itu, bumbu dan rempah-rempah juga bisa membuat hidangan lebih harum dan lezat saat dimakan.

3. Rebus sayuran terlebih dahulu

Merebus sayuran sebelum diproses akan mengangkat rasa pahit yang terkandung di dalamnya. Saat direbus, tambahkan daun aromatik untuk menyamarkan rasa pahit sayur.

Anda juga bisa menambahkan beberapa daun jambu biji. Rasa daun jambu biji akan menyeimbangkan rasa pahit sayur, sehingga akan lebih enak saat diolah.

4. Tambahkan cuka ke sayuran

Saat merebus sayuran, tambahkan beberapa tetes cuka masak. Setelah matang, cucilah sayuran lalu rawat dengan berbagai perasa.

Cuka asam akan menghilangkan rasa pahit yang dihasilkan oleh sayuran. Selain cuka, Anda juga bisa menggunakan air lemon, jus jeruk nipis, atau belimbing.

5. Tambahkan garam sebelum diproses

Garam dipercaya bisa menyeimbangkan rasa sayuran pahit. Metode ini hanya dengan menambahkan beberapa sendok makan garam ke dalam air sayur. Sebelum diolah, cuci sayuran terlebih dahulu dengan air dingin agar rasanya tidak terlalu asin.

Menambahkan garam juga bisa diberikan saat sayuran masih segar. Taburkan sedikit garam di seluruh permukaan sayuran, lalu remas-remas sampai layu. Rasa pahit yang dijamin akan segera hilang.

Be the first to comment

Leave a Reply