Cara Untuk Mengolah Berbagai Jenis Sayuran Agar Nutrisi Tetap Terpelihara

Cara Untuk Mengolah Berbagai Jenis Sayuran Agar Nutrisi Tetap Terpelihara
Cara Untuk Mengolah Berbagai Jenis Sayuran Agar Nutrisi Tetap Terpelihara

Selain kaya akan vitamin dan nutrisi, sayuran juga memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Tidak mengherankan, makanan ini sering disajikan sebagai makanan sehari-hari. Namun sayangnya, beberapa orang sering memasak sayuran terlalu lama dan terlalu matang, sehingga kandungan nutrisi di dalamnya justru berkurang dan larut saat dimasak.

Apalagi banyak yang menggeneralisasi proses memasak berbagai jenis sayuran. Padahal, tidak semua sayuran bisa diproses dengan cara yang sama, lho. Setiap jenis sayuran memiliki metode pengolahan sendiri sehingga nutrisi tidak hilang. Tidak hanya itu, dengan menggunakan teknik memasak yang tepat, tekstur dan rasa sayuran juga terjaga.

Cara Untuk Mengolah Berbagai Jenis Sayuran Agar Nutrisi Tetap Terpelihara
Cara Untuk Mengolah Berbagai Jenis Sayuran Agar Nutrisi Tetap Terpelihara

Lantas, bagaimana cara mengolah berbagai jenis sayuran untuk memaksimalkan manfaatnya? Dilaporkan oleh Huffington Post, mengikuti ulasan:

1. Tomat

Tomat mengandung likopen yang dapat mencegah kanker. Cara terbaik untuk mendapatkan tingkat likopen dan antioksidan yang lebih tinggi dalam tomat adalah dengan memasaknya terlebih dahulu. Masak tomat dengan merebus 30 menit pada suhu 88 derajat Celcius untuk mendapatkan nutrisi maksimal.

2. Wortel

Sayuran yang satu ini mengandung beta karoten yang baik untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Masak wortel dengan mengukus untuk memaksimalkan kandungan antioksidan di dalamnya dan menjaga tekstur agar tidak terlalu lunak.

3. Brokoli

Saat memproses sayuran hijau ini, cobalah untuk tidak menumisnya karena dapat menghilangkan kandungan vitamin C dan nutrisi di dalamnya. Tidak hanya itu, brokoli yang direbus selama 9 hingga 15 menit juga akan membuat 60 persen nutrisi larut dalam air.

Pemrosesan brokoli lebih baik dilakukan dengan mengukus untuk menjaga kandungan gizi di dalamnya. Selain itu, brokoli kukus juga bisa membuat rasa dan tekstur tetap terjaga dan lebih efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Terong

Terong yang diolah dengan cara dipanggang akan menghasilkan rasa yang lebih enak daripada saat digoreng atau direbus. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam terong akan semakin tinggi saat dimasak dengan cara ini. Jangan lupa, tambahkan garam sebelum mengolahnya untuk menghilangkan rasa pahit dan membuatnya tidak terlalu berair.

5. Paprika merah

Kandungan antioksidan dan asam ferulic dalam paprika akan meningkat jika satu sayuran dimasak terlebih dahulu dibandingkan dengan yang dikonsumsi mentah. Cara terbaik untuk memasak paprika adalah dengan menumis atau memanggangnya, sehingga kandungan antioksidan dalam paprika akan dipertahankan dibandingkan dengan merebusnya dengan air.

Be the first to comment

Leave a Reply