Jenis Makanan yang Tidak Dapat Dipanaskan Ulang

Jenis Makanan yang Tidak Dapat Dipanaskan Ulang
Jenis Makanan yang Tidak Dapat Dipanaskan Ulang

Memanaskan ulang hidangan adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Bukan tanpa alasan, beberapa dari mereka menganggap bahwa metode ini adalah cara terbaik untuk tidak membuang sisa makanan.

Padahal, tahukah Anda bahwa tidak semua makanan bisa dipanaskan kembali?

Dilansir oleh WomanDay, beberapa makanan ini justru dapat menyebabkan masalah kesehatan di tubuh. Ini akan menjadi lebih buruk jika makanan tidak disimpan dengan benar.

Menyimpan makanan yang melanggar aturan hanya akan membuat makanan berubah menjadi racun saat dipanaskan. Jadi, makanan apa yang benar-benar tidak boleh dipanaskan? Inilah ulasannya:

Jenis Makanan yang Tidak Dapat Dipanaskan Ulang
Jenis Makanan yang Tidak Dapat Dipanaskan Ulang

1. Seledri, Bayam, dan Buah Bit

Pemanasan ulang sayuran ini dapat mengubahnya menjadi racun dan melepaskan zat karsinogenik yang berpotensi menyebabkan kanker. Jadi, sebaiknya jangan pernah berniat memanaskan ulang ketiga jenis sayuran tersebut.

2. Jamur

Dibandingkan memanaskannya kembali, lebih baik mengonsumsi jamur setelah dimasak. Kandungan protein di dalamnya akan berubah dan menyebabkan gangguan pencernaan saat dipanaskan.

3 telur

Telur mengandung protein dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, jika dipanaskan kembali, dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan menyebabkan keracunan di dalamnya.

4. Kentang

Sajikan kentang olahan yang tidak langsung disimpan di lemari es dapat menyebabkan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan. Bakteri dalam kentang yang dimasak tidak bisa dihancurkan hanya dengan panas dari microwave. Karena itu, Anda tidak boleh memanaskan ulang kentang olahan jika Anda tidak ingin bahaya kesehatan datang kepada Anda.

5. Nasi

Nasi sejati dapat dipanaskan, asalkan disimpan setelah dimasak tidak melanggar aturan kesehatan. Jika beras tidak disimpan dengan cara yang benar, maka ini justru akan memicu pertumbuhan bakteri yang menyebabkan beras menjadi bahan makanan berbahaya saat dipanaskan. Meninggalkan beras pada suhu kamar untuk waktu yang lama akan menyebabkan spora bakteri tumbuh dan berlipat ganda, sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan.

Be the first to comment

Leave a Reply