7 Makanan Yang Tidak Bisa di Blender

7 Makanan Yang Tidak Bisa di Blender
7 Makanan Yang Tidak Bisa di Blender

Sebagai salah satu peralatan memasak yang sering digunakan untuk mengolah berbagai makanan, tidak sedikit orang sering menyamakan fungsi blender dengan penggiling makanan. Meski keduanya bisa menghaluskan makanan, namun sebenarnya blender lebih khusus untuk mengolah makanan yang bertekstur lebih halus daripada menggiling.

Bahkan, beberapa makanan disarankan untuk tidak dihaluskan menggunakan blender karena selain merusak peralatan masak, tekstur dan penampilan makanan juga bisa berubah. Kira-kira, makanan apa yang tidak disarankan untuk diproses menggunakan blender?

7 Makanan Yang Tidak Bisa di Blender
7 Makanan Yang Tidak Bisa di Blender

Dilaporkan oleh Readers Digest, berikut adalah tujuh bahan yang tidak boleh diproses menggunakan blender:

1. Sayuran hijau

Sayuran dalam suhu kamar akan berubah kecoklatan saat dihaluskan menggunakan blender. Dinginkan terlebih dahulu di lemari es atau rendam dengan es batu untuk mempertahankan kecerahan warna bahkan setelah dicampur.

2. Sayuran berserat tinggi

Kandungan serat yang tinggi pada beberapa sayuran seperti brokoli akan membuatnya sulit dihancurkan menggunakan blender. Alih-alih menjadi lebih halus, memprosesnya dengan blender hanya akan memecah serat menjadi benang.

3. Kentang

Meskipun terdengar lebih mudah dan lebih praktis untuk membuat kentang tumbuk dengan menggunakan blender, tekstur kentang atau sayuran dengan karbohidrat lain akan menjadi terlalu lunak dan menghasilkan tekstur yang mirip dengan tepung. Karena itu, lebih baik berbaur secara manual menggunakan garpu atau sendok untuk mendapatkan tekstur yang lebih cocok.

4. Makanan atau minuman panas

Jangan pernah memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam blender. Uap panas dapat merusak tutup dan komponen blender, bahkan dalam situasi yang lebih buruk, tutup blender dapat memantul dan membuat makanan atau minuman tersebar, dan dapat menyebabkan luka bakar.

5. Jahe

Kandungan serat dalam jahe cukup tinggi sehingga menghaluskannya menggunakan blender akan menghasilkan untaian benang. Sama seperti sayuran tinggi serat, cukup rawat jahe dengan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil.

6. Buah beku

Satu minuman yang sering diproses menggunakan blender adalah jus buah. Namun, tidak sedikit orang yang langsung menghaluskan buah beku tanpa menunggu cairan terlebih dahulu. Buah yang masih beku dapat membuat pisau blender rusak karena teksturnya yang keras.

7. Kacang

Tidak hanya membuat blender tumpul tumpul, menghaluskan berbagai jenis kacang seperti almond, biji kopi, atau kacang coklat dapat membuat tekstur lengket dan menghasilkan bubur kertas. Sebagai gantinya, gunakan penggiling atau penggiling untuk menghaluskan jenis makanan ini.

Be the first to comment

Leave a Reply